Kamis, 14 Februari 2013

Vespa 946, Skuter Terbaru Besutan Piaggio

Vespa 946
Vespa 946
Uniknya Desain Vespa 946, Bikin 'Ngiler'!

Piaggio tampil mengejutkan dalam gelaran EICMA tahun lalu, dengan konsep Vespa Quarantasei. Sebuah skuter dengan citarasa legendaris tapi bertampang "jauh ke depan". Setahun kemudian, tepatnya hari ini (12/11), sehari sebelum EICMA 2012 digelar, produsen sepeda motor Italia itu meluncurkan Vespa 946, versi produksi dari konsep itu.

Dari tampang tidak jauh berbeda dengan konsep awal. Hanya ada penambahan kaca spion dan lampu sein baru. Pipa gas buang ditutup pelindung panas berlapis krom. Paling menarik joknya yang futuristik. Hanya bagian depan yang menempel pada bodi, tengah hingga belakang dibiarkan "melayang". Seperti dalam konsep, sekujur tubuh didominasi bahan aluminium. Sebuah terobosan baru Vespa yang biasanya bersikeras menggunakan material besi untuk mempertahankan tradisi. Pertimbangan untuk mengurangi berat dirasa sudah saatnya dilakukan untuk mengikuti tren masa kini.

Tenaganya mengandalkan mesin 125 cc berpendingin udara yang menghasilkan 12 PS pada 8.250 rpm dan torsi 9,4 Nm pada 7.000 rpm. Tiga klep digunakan (dua klep input dan satu klep output), karena konfigurasi ini membuat campuran AFR (air to fuel ratio) lebih sempurna untuk pembakaran. Posisi busi diubah untuk menambah daya pendinginan dari kepala silinder. Mesin baru diklaim lebih irit 30 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Ketahanannya juga lebih baik, dengan anjuran servis yang cukup panjang, setiap 10.000 km.

Sebagai skuter modern, Piaggio menambahkan sistem pengereman Anti-lock Braking system (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR), hebat! Dengan desain dan fitur itu, Piaggio menjamin para penggemar Vespa "ngiler" untuk memboyongnya ke rumah. Belum ada harga resmi dirilis untuk Vespa 946, tunggu pengumuman selanjutnya dalam gelaran EICMA 2012.

otomotif.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►