Rabu, 22 September 2010

Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi

Alat-alat berat yang dikenal di dalam ilmu Teknik Sipil adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur. Alat berat merupakan faktor penting didalam proyek, terutama proyek-proyek konstruksi dengan skala yang besar. Salah satu sumber penggunaannya melalui jasa rental alat berat.

Tujuan penggunaan alat-alat berat tersebut untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah pada waktu yang relatif lebih singkat. Alat berat yang umum dipakai dalam proyek kostruksi antara lain :
- dozer,
- alat gali (excavator) seperti backhoe, front shovel, clamshell;
- alat pengangkut seperti loader, truck dan conveyor belt;
- alat pemadat tanah seperti roller dan compactor, dan lain lain.

Alat berat didalam proyek konstruksi memegang peranan sangat penting. Oleh karena itu, pemahaman akan jenis-jenis alat berat sangatlah diperlukan,terutama pada tahap perencanaan karena alat berat yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan proyek.

Selain mencakup teori dasar mengenai alat berat, pada buku ini juga dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan alat, bagian dari alat, cara kerja alat, dan kemampuan alat dalam pengoperasiannya.

Rumus-rumus, tabel, jasa rental alat berat dan grafik yang berhubungan dengan perhitungan produktivitas alat juga dibahas. Untuk membantu pembaca dalam menerapkan rumus kedalam perhitungan, setiap rumus diberikan contoh soalnya.(pustaka.pu.go.id)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►