Kamis, 31 Januari 2013

Ducati Hypermotard 2013 Punya Varian Sepeda Motor Sport, Turing Dan Urban

Ducati Hypermotard 2013
Ducati Hypermotard 2013
Ducati Hypermotard 2013 Usung Mesin Baru

Ducati memperkenalkan model terbarunya Hypermotard edisi 2013 di ajang Milan Motorcycle Show (EICMA) yang tengah berlangsung di Kota Mode, Italia. Moge bergaya crosstour ini dibekali mesin baru 821cc berpendingin cairan yang merupakan pengembangan terbaru dari teknologi Testastretta V-Twin.

Sepeda motor perpaduan motorcoss dan supermoto ini menggantikan dua model sekaligus Hypermotard 796 dan 1100. Ada tiga pilihan gaya berkendara, yakni Sport, Turing dan Urban. Setiap tipe berkendara punya karakteristik yang beda-beda, terutama pada pemetaan ECU dan pembatas kinerja mesin (engine limitter). Model Sport menghasilkan tenaga 108PS pada 9.250 rpm, Turing 110PS, sedangkan Urban cuma 74 PS.

Untuk Ducati Hypermotard 2013 ini, Ducati merevisi posisi duduk pengendara yang kini diklaim lebih baik, khususnya dalam hal pengendalian sepeda motor. Setang agak lebih tinggi dan maju ke depan dan pijakkan kaki dimajukan. Bagian kaki-kaki, dilengkapi dengan suspensi terbalik (upside-down) dari Kayaba 43 mm dan sok tunggal dari Sachs 170 mm di belakang yang bisa disesuaikan kekerasan pantulannya. Semua varian Hypermotard dilengkapi fitur keamanan standar seperti rem ABS dan traction control.

otomotif.kompas.com

Selasa, 29 Januari 2013

New Bugatti Super Veyron, Percepatan 0 – 96 Km/Jam Hanya Dalam Waktu 1,8 Detik

Bugatti Super Veyron
Bugatti Super Veyron
Bugatti Super Veyron 1.600 Hp Bukan Gosip!

Pada Oktober 201 lalu beredar kabar tentang Bugatti yang akan merilis mobil Super Veyron terkencang dengan tenaga 1.600 hp! Kepala bagian tehnik Bugatti, Jen Schulenburg menegaskan bahwa kabar tersebut memang benar adanya. Dengan berbekal mesin berkekuatan 1.600 hp tersebut, Super Veyron mampu melesat dari kondisi diam ke 96 km/jam hanya dalam hitungan 1,8 detik. Dengan prestasi itu, Veyron kembali menegaskan posisinya sebagai mobil terkencang di dunia dengan kecepatan mendekati 467 km/jam.

Rupanya mesin Veyron 16 silinder berkonfigurasi W (W16) tersebut memiliki potensi lebih dari yang diperkirakan oleh Bugatti sebelumnya. Veyron generasi pertama mesinnya menghasilkan 1.001 hp, kemudian ditingkatkan menjadi 1.200 hp pada model Veyron SuperSport. Untuk model Super Veyron baru, mesin ini mengalami modifikasi berat. Kapasitas mesin yang awalnya 8.0 liter itu kemudian dioprek menjadi 9.6 liter berikut penyempurnaan pada keempat turbo yang diusungnya.

Upaya menjadi yang tercepat tidak hanya sampai di situ. Bugatti kemudian memangkas bobot kendaraan sekitar 250 kg, membenahi suspensi dan aerodinamika serta pemasangan ban baru yang mampu digeber pada kecepatan itu. Kepada Auto Express, Schulenburg mengatakan bahwa Bugatti tengah mengerjakan mobil Bugatti Super Veyron generasi baru tersebut. Ia menambahkan, "Tantangan besarnya adalah memangkas bobot. Kami tengah mengamati beberapa teknologi yang luar biasa, di antaranya adalah velek yang seluruhnya terbuat dari serat karbon. Kami juga tengah mempertimbangkan teknologi hybrid."

www.mediaindonesia.com

Senin, 28 Januari 2013

Over Brutus, Genre Baru Sepeda Motor

Over Brutus
Over Brutus

Brutus, SUV-nya Roda Dua

Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini hanya dikenal sebagai sebuah segmen di roda empat, tapi ternyata istilah SUV juga bisa diletakkan di kendaraan roda dua seperti motor. Dan ini adalah Brutus. Bukan Brutus musuh Popeye si Pelaut, tapi sebuah motor SUV yang bisa melahap segala medan.

Motor yang dilahirkan oleh perusahaan bernama Over dan saat ini diperlihatkan di pameran motor bergengsi EICMA di Milan, Italia. Over Brutus ini dirancang oleh Alessandro Tartarini yang sebelumnya merupakan desainer Lambretta dan anak dari pendiri perusahaan motor Italjet. Motor ini dikatakan merupakan sebuah konsep pra-produksi yang akan menjadi SUV di segmen roda dua. Setelah dipamerkan, menurut rencana motor ini akan diproduksi pada tahun 2013 mendatang.

Dilihat dari desainnya, motor ini tampak memang menguratkan aura kekar dan berotot. Rangka yang diekpos mengeluarkan aura yang makin garang. Terlebih, tampilan garang Over Brutus ini makin menakutkan dengan adanya aplikasi ban tebal Maxxis Bighorn yang dirancang untuk mengatasi medan kasar termasuk pasir tebal. Dan ketika suhu turun, motor ini bahkan dikatakan dapat melibas medan berpasir tanpa mengganti apa-apa. Tapi untuk membuatnya dapat menjelajah lebih jauh, maka Over juga menyediakan berbagai aksesoris termasuk dudukan papan ski untuk kedua rodanya.

Di jantungnya, Over Brutus memiliki mesin 750 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 49 hp. Dan meski ini adalah sebuah motor sport bertampang garang, Brutus ternyata tidak punya gigi karena transmisinya adalah continuously variable transmission. Tapi sebuah gigi mundur disiapkan untuk motor ini bila nantinya memasang sespan.

oto.detik.com

Sabtu, 26 Januari 2013

MV Agusta Rivale 800 Sabet Predikat Sepeda Motor Tercantik Di Dunia Pada Ajang EICMA 2012

MV Agusta Rivale 800
MV Agusta Rivale 800

Inilah Motor Tercantik di Dunia

Apa motor tercantik tahun ini? Ducati, BMW atau KTM? Ternyata salah. Motor tercantik tahun ini adalah MV Agusta Rivale 800. Motor sport Italia ini dianggap banyak orang lebih cantik dari motor-motor lain yang ada.

MV Agusta Rivale 800 yang baru saja diperkenalkan oleh MV Agusta ini berhasil meraih perhatian terbesar dari 15.000 orang pengunjung pameran motor terbesar di dunia EICMA yang dihelat di kota Milan, Italia. Dengan begitu, MV Agusta Rivale 800 pun terpilih sebagai 'most beautiful motorcycle'. MV Agusta Rivale 800 ini hanyak berhasil mengalahkan raksasa-raksasa otomotif seperti Ducati Hypermotard SP dan BMW R 1200 GS atau pun Honda CB1100. MV Agusta Rivale 800 berhasil mendapatkan suara dari 35,5 persen pengunjung untuk mendapatkan predikat itu. Angka itu jauh lebih tinggi dari Ducati Hypermotard SP yang hanya meraih 22,9 persen suara dan BMW R 1200 GS yang meraih 15,5 persen suara.

Terpilihnya MV Agusta Rivale 800 ini seolah meneruskan tradisi MV Agusta yang membuat motor-motor berdesain eksotis. Pada tahun 2010 mereka juga meraih predikat serupa melalui MV Agusta F3 yang digantikan Ducati 1199 Panigale di tahun lalu. Desain eksotis dengan sudut tajam yang dipadukan dengan dapur pacu tiga silinder dengan kekuatan hingga 125 bhp yang bisa dirasakan pada 11.600 rpm dan torsi 60 lb-ft di 8.600 rpm tentu mengundang perhatian. Terlebih angka itu lebih tinggi dari Brutale 675 yang memiliki tenaga 113 bhp dan torsi 52 lb-ft. "Bagi kami ini adalah pengakuan lebih lanjut dan konfirmasi terkait banyaknya energi dan sumber daya MV Agusta yang mendedikasikan dirinya untuk pengembangan konstan produk baru. Setelah menang pada tahun 2010 dengan permata unik yang diciptakan oleh ayah saya, F3 675, adalah kepuasan yang luar biasa untuk menang lagi dengan mesin yang sama sekali baru," kata Giovanni Castiglioni, presiden dan CEO dari MV Agusta.

Berikut daftar motor tercantik di EICMA.
  1. MV Agusta Rivale 800 35.5%
  2. Ducati Hypermotard SP 22.9%
  3. BMW R 1200 GS 15.5%
  4. Moto Guzzi California 1400 Touring 5.2%
  5. Vespa 946 3.8%
  6. Aprilia Caponord 1200 3.5%
  7. Harley-Davidson Softail Slim 2.5%
  8. Honda CB1100 2.0%
  9. Benelli TNT R 2.0%
  10. Husqvarna Nuda 900R ABS 2.0%
  11. Yamaha TMAX Black Max 2.0%
  12. KTM Duke 125 ABS 1.4%
  13. Kawasaki W800 1.2%
  14. Suzuki Burgman 650 0.3%
  15. Piaggio X10 500 0.2%
oto.detik.com

Jumat, 25 Januari 2013

Quadro Parkour, Skuter Roda Empat Dari Italia

Quadro Parkour
Quadro Parkour

Ini Skuter Roda Empat Pertama di Dunia

Produsen sepeda motor asal Italia, Quadro sukses mencuri perhatian industri otomotif global, dengan meluncurkan skuter roda empat pertama di dunia. Skuter itu diberi nama Quadro Parkour. Motor unik ini dikembangankan dengan basis Piaggio MP3. Dasar teknis dari cara kerja motor ini adalah teknologi HTS--sebuah sistem hidrolik miring. Keempat bannya ini bisa bergerak miring mengikuti arah belokan.

Quadro Parkour dibekali mesin satu silinder empat klep berkapasitas 346 cc dengan pendingin cair. Mesin itu mampu melontarkan daya hingga 27 tenaga kuda. Dengan bobot 250 kilogram dan kapasitas tangki bahan bakar 25 liter, Parkour bisa melesat hingga 120 km/jam. "Dengan teknologi HTS, skuter roda empat ini tetap memiliki rasa berkendara layaknya sepeda motor biasa," kata Manajer Quadro Claudio Consonni.

Hingga saat ini perusahaan belum mengumumkan harga motor yang akan diproduksi di Taiwan. Rencananya Quadro Parkour mulai dijual pada November 2013. Untuk mengendarai motor ini harus memiliki surat izin mengemudi mobil.

otomotif.news.viva.co.id

Rabu, 23 Januari 2013

Volvo S60 Polestar Akan Dipamerkan Di Los Angeles

Volvo S60 Polestar
Volvo S60 Polestar

Volvo akan luncurkan S60 Polestar concept

Produsen mobil balap asal Swedia, Volvo Polestar, akan melucurkan mobil balap konsep S60 Polestar dalam pameran otomotif di Los Angeles AS. S60 Polestar Concept, seperti disebut Autoweek, akan tetap mengusung mesin enam silinder, tapi mempunyai tenaga hingga 508 hp dan torsi 424 lb-ft. Tenaga yang dimiliki kendaraan balap itu 208 kali lebih besar dan torsi 99 kali lebih tinggi dari mobil balap umumnya. "Kami mendekati proyek ini dengan mengacu pada produksi Volvo S60 sebagai basis mobil balap potensial...dan...data itu merujuk ke desain S60 Polestar Concept," kata Kepala Teknisi Polestar, Jan Anderson.

Rangka mobil Volvo S60 Polestar itu dibuat lebih rendah, lebar, dan diperkuat. Sistem kemudi 4-WD Haldex dimodifikasi untuk menambah pacuan mobil dan suspensi Ohlins menjaga stabilitas mobil. Kepala silinder dan ruang pembakaran dimodifikasi sebagaimana halnya saluran udara dan saluran manifold. Turbo Garrett 3171 mengkompresi udara sedangkan knalpot 3,5 inci Ferrita menghempaskan sisa pembakaran.

Volvo S60 Polestar mampu menempuh kecepatan 62 meter per jam dalam 3,9 detik dari kecepatan maksimumnya 186 meter per jam. Volvo sampai saat ini menawarkan peningkatan Polestar untuk sedang S60 dan SUV XC60.

otomotif.antaranews.com

Minggu, 20 Januari 2013

Toyota Noah Resmi Dipasarkan Di Indonesia Desember 2012

Toyota Noah
Toyota Noah

'Kakak' Innova Siap Diluncurkan, Berapa Harganya?

Toyota Astra Motor (TAM) bakal menyodorkan jagoan baru untuk mobil MPV (Multi Purpose Vehicle), Toyota Noah di pertengahan bulan Desember nanti. Mobil keluarga tujuh penumpang dengan desain boxy itu diplot untuk melawan Nissan Serena dan Mazda Biante. Toyota Noah sebenarnya sudah lama hadir di Indonesia melalui importir umum. Pada 2003 hingga 2005 mobil ini memiliki dua nama, yaitu Toyota Noah dan Toyota Voxy.

Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan mengatakan pihaknya tidak akan menggunakan nama Noah di Indonesia. Mereka sudah menyiapkan sebuah nama yang kental dengan nuasa Indonesia, Mengenai harga yang akan ditawarkan, TAM masih belum bersedia membeberkannya. Tapi kemungkinan besar akan dibanderol Rp390 jutaan.

Toyota Noah menggunakan teknologi Valvematic dengan mesin 3ZR-FAE berkapasitas 2.000 cc. Rencananya mobil ini diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. Sebelumnya, Direktur Marketing TAM, Joko Trisanyoto mengatakan segmen MPV masih mendominasi pasar mobil nasional alias tipe mobil penumpang terlaris saat ini. "Untuk MPV sebanyak 40 persen, kemudian SUV 11 persen, kompak 11 persen, sedan di bawah 5 persen, dan sisanya tipe lain," kata Joko.

Maka tak heran kalau TAM ingin memperkuat line up MPV mereka. Noah mengisi segmen kosong yang belum diisi Toyota yakni di atas Innova dan di bawah Alphard.

otomotif.news.viva.co.id

Sabtu, 19 Januari 2013

Ford Ranger Wildtrak Siap Meluncur Di Indonesia

Ford Ranger Wildtrak
Ford Ranger Wildtrak

Prajurit Elit Ford Ranger Segera Beredar di RI

Varian tertinggi Ford Ranger, Wildtrak siap meluncur di Tanah Air dalam waktu dekat. Direktur Komunikasi PT Ford Motor Indonesia, Lea Kartika Indra, mengatakan Ford Ranger Wildtrak akan menjadi Top of The Range di Indonesia. "Akan segera hadir, tapi belum tahu kapan waktu peluncurannya. Yang pasti Wildtrak akan dijual di Indonesia," kata Lea di sela-sela acara All-New Ford Ranger Fuel Efficiency Challenge, Tanjung Emas, Semarang Jawa Tengah, Jumat 23 November 2012.

Tidak hanya itu, di acara All-New Ford Ranger Fuel Efficiency Challenge yang diikuti 24 media dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Mas, Semarang, FMI juga turut menjajal Ford Ranger Wildtrak berkelir orange. Jika dilihat dari bentuknya, Ford Wildtrak tidak banyak berubah dengan versi standar. Hanya saja beberapa sudut terdapat penambahan aksen mulai dari roof rail, bed liner pada bak, jok kulit, bamper, grill depan, serta ESP.

Mengenai dapur pacu, mobil pikap Ford Ranger Wildtrak ini tetap mengusung mesin 2.2-liter Duratorq TDCi, yang mampu menyemburkan daya sebesar 150 hp dan torsi 375 Nm, dan dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Mengenai harga, diperkirakan Ranger Wildtrak akan lebih mahal dari All-New Ford Ranger XLT 4×4 M/T.

otomotif.news.viva.co.id

Kamis, 17 Januari 2013

All New Nissan X-Trail, Spesifikasi Dan Performa

All New Nissan X-Trail
All New Nissan X-Trail

Review All New Nissan X-Trail

Nissan ingin membuktikan jika varian SUV miliknya, All New Nissan X-Trail bukanlah sekedar pelengkap di kelasnya. Dengan tampilan desain menawan serta fitur canggih yang dimilikinya, mobil ini cukup berhasil menyita perhatian pecinta SUV Tanah Air.

Miliki bodi yang bongsor sebagai penjelajah perkotaan bukan berarti melupakan gaya. Ya, All New Nissan X-Trail memiliki tampilan yang menarik mulai dari lampu utama dengan Bi-Xenon guna pecahayaan optimal saat mengemudi di malam hari, desain grille, bumper dan lampu stop tipe komibinasi. Aura agresif terlihat dari garis tegas pada bagian samping bodi lurus memanjang hingga ujung tail lamp (lampu stop). Bibir luar spakbor yang gembung dipadukan dengan velg 17 inci sehingga memberikan kesan tangguh.

Beralih masuk ke dalam kabin. Bangku pengemudi dan depan menawarkan mekanisme full electric--semua proses pengaturan posisi duduk dapat disetel hanya dengan menekan tombol di sisi sampi bangku. Menyimpan barang berharga dan sejenisnya sangat mudah dilakukan dan tersusun rapi. Sebab pada ruang cockpit banyak ruang penyimpanan, mulai dari dashboard tengah, diatas, dan bawah, head unit, glove box besar, serta cup holder yang tersedia di masing-masing sudut dashboard.

Untuk bagian audio dengan dilengkapi head unit baru 2DIN, DVD dengan layar sentuh (touch screen) serta aplikasi TV tuner. Dengan kelengkapan audio tersebut, para pengguna X-Trail dapat dengan mudah mendengarkan musik dari iPod dan MP3 player melalui USB interface dan bluetooth. Untuk keamanan dalam berkendara, aplikasi bluetooth dapat juga digunakan sebagai handsfree. Kenyamanannya semakin bertambah dengan fitur kursi elektrik serta intelligent key yang memudahkan para penggunanya membuka dan mengunci pintu, serta membuka bagasi mobil, hanya dengan satu sentuhan pada handle pintu.

Performa

Ketika menginjak pedal gas, akselerasi yang didapat tergolong cepat. Limpahan tenaga di putaran bawah dan atas mampu memanjakan pengendara untuk melakukan sprint. Mesin 2.500 cc yang dilengkapi transmisi CVT (Continous Variable Transmission) dengan M-Mode ini memungkinkan perpindahan tingkat percepatan yang dikendalikan drive komputer, sehingga tidak terdapat jead ataupun gejala knocking. Saat butuh engine brake atau tarksi ekstra, Anda cukup menggeser tuas ke kanan bawah dan percepatan dapat diatur layaknya transmisi manual. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimal 125 hp pada 6.000 RPM dan torsi puncak 226 Nm di 4.400 RPM.

Untuk stabilitas dan kenyaman All New Nissan X-Trail didukung sistem suspensi independen multi link sehingga dapat memberikan daya redam optimal serta lembut. Secara keseluruhan mobil ini cukup nyaman untuk digunakan sebagai sarana transportasi di perkotaan, dan mumpuni untuk digunakan di lintasan medan berat sekalipun. Kelebihan lain yang dimiliki mobil seharga Rp 392,5 juta ini adalah sistem transmisinya, yang menawarkan kelebihan berupa perpindahan tingkat percepatan secara halus.

Sayangnya dari segi konsumsi bahan bakar, mobil yang memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.770 mm itu terbilang boros. Dari hasil tes yang dilakukan kami dengan rute kombinasi, yakni 8 km/liter. Untuk Anda yang lebih memilih mempertahankan daya angkut penumpang, SUV ini rasanya kurang tepat sebab hanya dapat dimasuki lima penumpang. Tapi lebihannya terdapat pada ruang kargo yang amat luas.

otomotif.news.viva.co.id

Selasa, 15 Januari 2013

Bajaj Pulsar 220 DTS-i, Spesifikasi Dan Predikat

Bajaj Pulsar 220 DTS-i
Bajaj Pulsar 220 DTS-i

Bajaj Pulsar 220 Terpilih Sebagai Motor Sport Terbaik

Bila biasanya pemilihan motor terbaik selalu menjadi dominasi pabrikan motor Jepang, Bajaj mematahkan hal tersebut. Bajaj Pulsar 220 baru-baru ini terpilih sebagai sepeda motor sport-touring terbaik di Indonesia. Predikat sebagai sepeda motor sport-touring terbaik di kelas 160-220 cc itu didapat dalam penghargaan Indonesian Motorcycle of the Year (IMOTY) 2012 yang digelar oleh Majalah Motorev setelah mengalahkan banyak pesaingnya. Ini merupakan kali kedua Pulsar 220 meraih penghargaan tersebut setelah sebelumnya meraih penghargaan yang sama pada tahun 2011. Pulsar 220 sebagai line up motor sport tertinggi di tataran keluarga motor Pulsar mengungguli para kompetitornya.

Manager PR & Marketing PT Bajaj Auto Indonesia (BAI), Rizal Tandju mengaku puas atas prestasi tersebut. Menurut Rizal, penghargaan ini menandakan bahwa motor Pulsar semakin diterima oleh masyarakat Indonesia. "Ini merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus bukti dari komitment BAI dalam membangun brand Pulsar di Indonesia," kata Rizal dalam keterangan resminya.

Pencapaian ini, lanjut Rizal, diharapkan dapat memacu seluruh elemen di BAI dan jaringan dealer-nya untuk bekerja lebih giat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pengguna Pulsar terutama di layanan purna jual. BAI juga tetap konsisten melakukan ekspansi dealer ke seluruh wilayah Indonesia. Pada Desember 2012, BAI akan membuka dealers 3S di Sandai, Kalimantan Barat. Hingga akhir tahun 2012, jumlah dealers 3S Bajaj telah mencapai 137 di seluruh Indonesia.

Dibekali mesin 220 cc, silinder tunggal, 4 langkah, berpendingin udara dengan teknologi khas Bajaj, DTS-i, mesin Pulsar 220 mampu memproduksi tenaga hingga 21 PS pada 8.500 rpm dan torsi puncak mencapai 19.12 Nm pada 7000 rpm. Selain itu, motor yang dluncurkan pada Maret 2011 ini dikatakan sebagai motornya lelaki yang memiliki performa dan handling yang mantap serta mampu melesat hingga kecepatan puncak 144 km/jam.

Spesifikasi Bajaj Pulsar 220 DTS-i

Mesin :
  • Tipe: Single silinder, 4 stroke, air cooled
  • Bore x Stroke: 67x62,4 mm
  • displacement (cc): 220
  • valve per cylinder: 2
  • Fuelling: Karburator-UCAL UCD 32
  • Rasio kompresi: 9,5 (+- 0,5) : 1
  • Tenaga maksimum: 21,04 PS @ 8.500 rpm
  • Torsi maksimum: 19,12 Nm @ 7.000 rpm
Transmisi :
  • Kopling basah multi-plate
  • Jumlah gigi: 5
  • Pola perpindahan gigi: 1 (up), 2,3,4 dan 5 (down)
  • Primary reduction: 3.47 (66/19)
  • Final reduction: 2.571 (36/14)
Sasis :
  • Tipe: Double cradle down tube
  • Suspensi depan: Telescopic 130 mm
  • Suspensi belakang: Nitrox, rear wheel travel 90 mm
  • Rem depan: Disc, 260 mm
  • Rem belakang: Disc, 230 mm
  • Ban depan: 90/90x17" (soft compound tubeless)
  • Ban belakang: 120/80x17" (soft compound tubeless)
  • Fuel tank capacity: 15 liter full, 3,2 liter reserve, 2,2 liter usable
Dimensi :
  • Panjang: 2.035 mm
  • Lebar: 750 mm
  • Tinggi: 1.165 mm
  • Jarak sumbu roda (wheel base): 1.350 mm
  • Ground clearance: 165 mm
  • Saddle height: 795 mm
  • Berat: 150 kg
Sistem Elektrik :
  • Battery: 12 v, 9 Ah
  • Headlamp: Projector lamp 55w (low), Ellipsoidal lamp 55w (high)
  • Tail/stop lamp: LED type
oto.detik.com

Minggu, 13 Januari 2013

Suzuki Virus 1000 Bakal Meluncur Perdana Di Eropa

Suzuki Virus 1000
Suzuki Virus 1000

Suzuki Virus 1000, Versi Telanjang GSX-R

Sepeda motor besar Suzuki dari seri GSX-R popularitasnya sudah cukup kuat di berbagai belahan dunia. Namun hal ini tidak berlaku di negara Swiss. Agar mampu menarik perhatian para biker disana, Frankonia AG (merek resmi milik Suzuki di Swiss) dan Moto Virus AG bekerjasama untuk memproduksi moge Suzuki Virus 1000. Roh GSX-R tetap dihembuskan, tetapi dibalut jubah dalam versi yang berbeda. Sepeda motor ini sebenarnya sudah malang-melintang sebelum mulai dijual, bahkan ditampilkan juga pada ajang Jakarta Motorcycle Show 2011 silam di booth Suzuki. Dan kini, streetfighter itu mulai dipasarkan dengan target awal Eropa.

Dari sisi tampang, hampir semua bagian mengadopsi GSX-R 1000, misalnya mesin, sasis, dan suspensi. Yang membuatnya berbeda desain bodi. Dari samping, Suzuki Virus 1000 adalah versi telanjang moge Suzuki paling laris itu. Dengan dilucuti fairing dan sentuhan baru di bagian knalpot, penampilannya semakin ramping dan seksi. Ketika dipandang dari depan, modelnya mengadopsi GSX-R 750. Tapi dari belakang, ciri khasnya berbeda, lebih galak dengan desain lampu atraktif tajam-tajam. Pembeli akan mendapatkan dua pilihan knalpot untuk dipasang, versi rendah atau model MotoGP dengan ujung yang mendongak.

Gahar tampangnya diseimbangkan dengan performa ciamik. Mesinnya menghasilkan tenaga 185 PS di 12.000 rpm, sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan mesin GSX-R1000. Karena ini versi rombakan dan spesial, harganya pun melonjak. Bila GSX-R1000 dibanderol 14 ribu US Dollar (Rp 133 jutaan) tapi untuk Suzuki Virus 1000 dihargai 21.513 US Dollar (Rp 205 jutaan). Beda yang cukup jauh.

otomotif.kompas.com

Sabtu, 12 Januari 2013

Toyota RAV4 2013 Dilengkapi Fitur Tiga Mode Berkendara

Toyota RAV4 2013
File foto: Toyota RAV4 2013

Toyota RAV4 2013 Ramaikan LA Auto Show 2012

Pada ajang pameran otomotif Los Angeles Auto Show 2012 yang digelar hingga hari Minggu 9 Desember dimanfaatkan para produsen mobil untuk menampilkan produk-produk unggulan mereka yang akan dipasarkan 2013. Misalnya Toyota yang secara resmi menampilkan Toyota RAV4 2013 pada even tersebut. Sebelumnya Toyota RAV4 2013 memang sudah dijadwalkan untuk ditampilkan pada LA Auto Show 2012. Kesempatan ini adalah kehadiran perdana RAV4 secara resmi di hadapan publik.

Produsen mobil dari Jepang tersebut merencanakan untuk mulai memasarkan Toyota RAV4 2013 ini mulai tahun depan. Hadir dengan tampilan yang lebih sporty. Desain interior dipercantik dengan system pencahayaan ambient, roda kemudi palang tiga, layar sentuh 6,1 inci, beberapa aksen logam dan kulit, dan 11-speaker JBL di sistem audio.

Power mesin Toyota RAV4 2013 hadir dari mesin empat silinder berkapasitas 2,5 liter, yang menghasilkan total output 176 tenaga kuda (131 kW) dan torsi 172 lb-ft (233 Nm). Mesin ini dipadukan dengan transmisi enam percepatan, dengan sistem penggerak all-wheel drive (sebagai opsional).

Ada juga tiga mode berkendara pada mobil Toyota RAV4 2013 ini, Auto, Lock dan Sport. Sistem Auto mengirimkan tenaga ke roda depan dan roda belakang juga akan mendapat suntikan daya bila diperlukan. Sedangkan Lock mendistribusikan antara roda depan dan belakang pada kecepatan di bawah 25 mph (40 km/jam ). Sedangkan mode berkendara sport memberikan peningkatan handling dengan mentransfer torsi ke penggerak roda belakang.

www.mediaindonesia.com

Selasa, 08 Januari 2013

Suzuki GSX-R Yoshimura, Lebih Gelap Dan Diproduksi Dalam Jumlah Yang Lebih Terbatas

Suzuki GSX-R Yoshimura
File foto: Suzuki GSX-R Yoshimura

'Sisi Kelam' Suzuki GSX-R Yoshimura

Produsen aksesori Yoshimura kembali memberi aksentuasi khusus untuk Suzuki GSX-R Series 2013, terbatas untuk seri 1.000, 650, dan 600 cc. Alhasilnya, semua moge tersebut lebih bertenaga dibanding versi standar.

Tahun ini proudsen komponen dan aksesori Jepang itu sudah dua kali menggandeng Suzuki untuk edisi terbatas GSX-R. Kalau April lalu mengeluarkan dua varian terbatas dengan warna-warna cerah, akhir tahun lebih menonjolkan "sisi kelam". Warna yang dipilih adalah hitam dan merah maroon gelap metalik. Juga aksentuasi garis-garis emas di beberapa bagian untuk memberi kesan spesial dan berbeda bagi pemiliknya.

Setiap edisi khusus sudah ditempeli bahan-bahan berkualitas, seperti knalpot Yoshimura serat karbon sudah memperoleh sertifikat EPA untuk emisi dan polusi suara. Juga digunakan aluminium CNC yang biasa dipakai pada pesawat, yaitu buntut (fender eliminator), pelindung mesin, pelindung sasis, axle adjuster blocks, standar tengah balap, baut-baut pada setir, penutup mesin dan filter oli.

Peranti dirancang dengan penampilan makin menarik adalah jok solo asli Suzuki, radiator stencil dan emblem limited edition lengkap dengan nomer serinya.

Yoshimura dan Suzuki belum menyebutkan harga. Namun di situs resmi Yoshimura, varian ini dibuat sangat terbatas dan dibuat berdasar pesanan.

otomotif.kompas.com

Sabtu, 05 Januari 2013

Ural Yamal, Sepeda Motor Dengan Alat Pemecah Es Dan Dayung

Ural Yamal
File foto: Ural Yamal

Sepeda Motor Pemecah Es dari Rusia

Produsen sepeda motor asal Rusia, Ural, merilis produk terbaru edisi terbatas diberi nama Yamal, hanya akan diproduksi 50 unit untuk pasar AS. Inilah satu-satunya tunggangan yang dilengkapi alat pemecah es dan dayung, karena habitatnya memang di padang air beku. Alat-alat yang tak lazim itu dipakai sebagai "pertahanan terakhir" demi kelangsungan hidup.

"Yamal" yang juga bisa diartikan sebagai "The end of the Earth" (akhir dari garis Bumi), adalah sebuah semenanjung di Rusia, selalu beku, keras, dan bersuhu ekstrem. Untuk proyek ini, sebenarnya Ural mencontek blueprint BMW R-71 yang gagal diproduksi lebih banyak karena didahului Perang Dunia II.

Sebagai kendaraan pemecah es, bekalnya adalah mesin 749cc dua silinder yang berlawanan arah (opposed), dilengkapi tombol penggerak semua roda (mirip sistem operasi mobil 4X4) dan mempunyai tenaga maksimum 40 PS, dengan kecepatan maksimal 100 km per jam (dibatasi karena alasan keamanan).

Warna hanya tersedia satu, oranye, yang diklaim lebih kentara jika melaju di atas es. Menariknya, terdapat corak gambar gerigi hiu, sebagai tanda bahwa inilah sepeda motor yang tahan es. Motif itu juga terdapat pada kapal-kapal besar pemecah es yang biasa lewat di Siberia dan perarian Antartika. Lampu kabut memberikan pencahayaan ekstra untuk memecah malam.

Sespan yang "nyangkut" di sebelah kanan didesain tahan air, dari bawah dan atas jika menutupnya dengan benar. Material 3M melapisi semua bagian sespan untuk pertahanan ekstra. Tameng angin disiapkan untuk pengendara dan penumpang sespan, mengurangi terpaan angin dingin yang menusuk tulang.

Harganya lumayan, satu buah Ural Yamal dibanderol 14.250 US Dollar atau setara Rp 137 jutaan. Belum tahu, apakah jenis ini juga akan diekspor dengan sespan yang terpasang di sebelah kiri, tapi yang jelas, 50 unit pertama dikonsentrasikan untuk AS dulu. Ural sendiri sudah masuk Indonesia lewat gerai Istana Sepeda, dan sudah mejeng di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

otomotif.kompas.com

New Honda Civic Type-R Ingin Jadi Yang Tercepat Di Nurburgring

Honda Civic Type-R
Honda Civic Type-R
Honda Civic Type-R Bakal Punya Tenaga 300 Bhp

Honda sudah mengatakan akan segera melahirkan lawan baru Toyota 86 dan Subaru BRZ. Untuk melawan keduanya, Honda berencana akan melahirkan generasi baru dari Civic Type-R. Mobil ini akan mengusung turbocharged yang akan melahirkan tenaga sampai 300 bhp.

Generasi baru dari Civic type-R itu menurut Yasuhisa Arai dari Honda R&D Centre seperti dikutip Auto Express menjelaskan kalau mobil itu akan diperkuat dengan mesin 2.0 liter dengan turbocharged yang mampu melahirkan tenaga sampai 300 bhp. Sebelumnya Honda dikabarkan hanya akan memberikan mesin 1.6 liter. Tapi, rencana itu berubah untuk memberikan tenaga yang lebih besar bagi mobil ini.

Tapi, meski dikatakan akan menjadi lawan bagi Toyota 86 dan Subaru BRZ, patokan Civic Type-R ternyata bukan keduanya melainkan Renaultsport Megane 265. Targetnya, Civic Type-R ingin mengalahkan Magane 265 di sirkuit legendaris Nurburgring. "Kami memiliki gagasan tentang produk pesaing, kami sedang mengembangkannya, dan terlepas dari apa yang orang lain hasilkan mobil kami akan menjadi model front-wheel-drive tercepat di Nurburgring ketika mulai dijual. Dan kami akan melakukan apapun yang diperlukan untuk membuat itu terjadi," lugasnya.

Untuk mewujudkan hal itu, bukan urusan kekuatan mesin saja yang diperhatikan, berbagai sisi penunjang pun jadi perhatian para insinyur Honda seperti sasis dan suspensi untuk membuat stabilitas menjadi lebih mumpuni dan membuatnya cepat di tikungan.

oto.detik.com

Kamis, 03 Januari 2013

Vespa GTV 300 ie, Spesifikasi Dan Harga

Vespa GTV 300 ie
File foto: Vespa GTV 300 ie

Vespa GTV 300 ie, Klasik Sih Tapi Mahal untuk Skuter

Ada motor Vespa baru yang beredar di pasaran. Masih dengan tampang klasik khas Vespa. Ini lah Vespa GTV 300 ie. Dengan tampang retro dan kaya dengan warisan Vespa, tentu menyenangkan mengendarai motor ini. Tapi sayang motor ini dianggap terlalu mahal untuk ukuran skuter.

Dilansir autoevolution, motor ini dijual seharga US$ 6.999 atau sekitar Rp 67 jutaan. Di AS sana dengan banderolan harga seperti ini dinilai tidak masuk akal, apalagi dengan kondisi ekonomi seperti sekarang.

Memang dengan harga seperti itu, pengguna bakal dimanjakan dengan berbagai fitur. Mesinnya saja menggunakan mesin injeksi 278 cc 4 langkah yang sanggup membuat si Vespa berlari sampai 129 km per jam. Berkat sistem transmisi otomatis, mudah untuk mengoperasikan motor, tinggal putar selongsongan gas, dan motor melaju. Lampu depannya juga unik, terletak di spakbor depan dan jok dua kursi. Bagian belakang dilapisi krom yang membuat kita mudah untuk membawa barang ketika habis belanja di kota.

Spesifikasi Vespa GTV 300 ie
  • Engine : Single-cylinder catalysed 4-stroke 4-valves QUASAR engine with electronic injection
  • Capacity : 278 cc
  • Bore x stroke (mm) : 75 x 63
  • Max power : 15,8 kW at 7.500 rpm (21.1 hp)
  • Max torque : 22,3 Nm at 5.250 rpm (16.4 ft-lb)
  • Fuel supply : P.I. Injection (Port injected)
  • Cooling : Liquid
  • Starter : Electric
  • Transmission : Automatic Twist and Go (CVT with torque server)
  • Clutch : Automatic dry centrifugal clutch with vibration dampers
  • Load bearing structure : Sheet metal body with welded reinforcements
  • Front suspension : Single arm, dual chamber hydraulic shock absorber with coaxial spring
  • Rear suspension : Two dual effect shock absorbers with adjustable preload
  • Front brake : ø 220mm disc brake
  • Rear brake : ø 220mm disc brake
  • Front tire : Tubeless 120/70 - 12"
  • Rear tire : Tubeless 130/70 - 12"
  • Length : 75.9 in. - 1930 mm
  • Width : 30.3 in. - 770 mm
  • Wheelbase : 53.9 in. - 1370 mm
  • Seat height : 31.1 in. - 790 mm
  • Fuel tank capacity : 2.4 gallons
  • Mpg : 65-70 mpg
  • Max speed : 80 mph
  • Price Unit : US$ 6.999
oto.detik.com

Selasa, 01 Januari 2013

Honda Civic 2013 Sudah Di-Facelift Secara Ekstrem

Honda Civic 2013 Edition
File foto: Honda Civic 2013 Edition

Mengintip Honda Civic Edisi 2013

Menanggapi berbagai kritikan pedas dari para pengamat otomotif, Honda meredamnya dengan memutuskan untuk melakukan facelift ekstrem pada Honda Civic 2013. Sentuhan ulang di bagian eksterior meliputi bagian depan maupun belakang. Namun ada kejutan di bagian lain dari kendaraan terlaris Honda ini.

Kabinnya kini dilapisi material yang lunak di bagian dasbor dan bagian atas pelapis pintu dengan kualitas yang lebih baik dibanding model tahun 2012. Sementara kelengkapan standarnya kini masuk dalam kategori 'class-leading' seperti telepon Bluetooth terintegrasi, Bluetooth audio streaming, kamera monitor situasi belakang, color displayinfotainment, Pandora interface, USB input, fungsi teks SMS, pengukur suhu luar dan sandaran tangan tengah yang dapat digeser.

Honda Civic 2013 juga telah mengalami penyempurnaan di soal kekedapan kabin, di antaranya dengan mempertebal kaca depan dan kaca jendela pintu samping untuk membendung suara luar plus penambahan material yang mampu memberangus kebisingan. Subframe depan dibuat lebih kaku untuk meningkatkan kemampuan handling. Suspensi depan menggunakan pegas-pegas yang lebih kaku, batang stabiliser yang lebih besar dengan bushing teflon, begitu pula di bagian belakangnya. Sementara power steering elektriknya menggunakan rasio yang lebih gesit dari sebelumnya.

Mesin dan transmisi tetap sama untuk semua model. Versi Civic Si menggunakan mesin aluminium 2.4 liter i-VTEC bertenaga 201 hp dengan torsi 230,5 Nm dan hanya ditawarkan dengan transmisi manual 6-speed. Sedangkan sebagian besr model Civic lainnya mengusung mesin i-VTEC 1.8 liter bertenaga 140 hp dengan torsi 173,6 Nm. Pilihan transmisi untuk model reguler ini terdiri dari manual 5-speed atau otomatis 5-speed.

Khusus untuk Civic Hybrid menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter yang berduet mesra dengan Integrated Motor Assist (IMA) Hybrid bersama transmisi otomatis jenis continuously variable transmission (CVT).

www.mediaindonesia.com
◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 Informasi Automotif: Januari 2013 Template by Bamz | Publish on Bamz Templates